Sate Maranggi Hj. Yetty – Ikon Kuliner Purwakarta

ikon kuliner Purwakarta

Setelah menyelesaikan urusan bisnis saya di Purwakarta, waktu sudah menunjukkan jam 12 siang. Sebelum saya balik ke Jakarta, saya ingin mencicipi kuliner khas Purwakarta.

Lalu saya menanyakan info kuliner Purwakarta kepada mitra bisnis saya yang tinggal di Purwakarta. Lalu beliau berkata kalau di Purwakarta harus mencoba Sate Maranggi Hj. Yetty yang terletak di Jalan Raya Cibungur.

Setelah mendapatkan info kuliner darinya, saya langsung menuju kesana. Akhirnya saya sampai tanpa tersesat. Mungkin karena letaknya di jalan raya besar dengan papan penunjuk sehingga mudah ditemukan.
tempat makan enak di Purwakarta
Papan Penunjuk Sate Maranggi Hj. Yetty
Saya sangat terkesan dengan tempat ini, karena lahannya luas sekali termasuk area parkirnya juga sangat luas dan banyak sekali mobil berdatangan dan saya melihat banyak plat mobil Jakarta.
tempat parkir di warung sate Maranggi sangat luas
Tampak Luar Sate Maranggi Hj. Yetty

tempat makan di Hj. Yetty Purwakarta selalu ramai pengunjung
Ramai Pengunjung
Tempat makannya seolah-olah berdiri tegak dihamparan tanah yang sangat luas yang ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Tempat makan ini menggunakan konstruksi baja dan ditutup menggunakan seng.
warung makan yang selalu ramai di Purwakarta
Suasana Terasa Sejuk Biarpun Ramai Pengunjung 
Suasana di dalam tempat makan ini terasa sejuk walaupun cuacanya panas, mungkin hal ini dikarenakan tempat makan ini sangat tinggi langit-langitnya ditambah adanya angin sejuk yang bertiup dari pepohonan rindang yang mengelilingi tempat ini dan ditambah lagi adanya kipas angin di dalam tempat makan ini yang semakin membantu sirkulasi udara di dalam tempat makan ini menjadi lancar.
kuliner yang adem ditemani angin sepoi-sepoi di Purwakarta
Tampak Dalam Sate Maranggi Hj. Yetty
Tempat makan ini bisa menampung lebih dari 200 orang. Sehinga biarpun terlihat ramai, saya bisa langsung mendapatkan tempat duduk. Setelah duduk, saya langsung memesan Es Kelapa. Es Kelapanya terasa sangat wangi  dan sangat menyegarkan.
kuliner nusantara
Es Kelapa
Menu utama tempat makan ini adalah Sate Maranggi, sehingga saya langsung memesan Sate Maranggi. Sate Maranggi ada 3 daging yaitu sapi, kambing, dan ayam. Saya memesan yang daging sapi.
ada 3 jenis daging sate yaitu sapi, ayam, dan kambing
Sate Maranggi Hj Yetty
Sate ini beda dari sate-sate pada umumnya. Disajikan bukan dengan bumbu kacang tetapi dengan sambal tomat segar terbuat dari potongan tomat dan cabe rawit merah utuh yang diulek. Pedasnya benar-benar terasa di lidah. Daging satenya juga empuk banget, mungkin karena dagingnya direndam dengan bumbu sebelum dibakar.

Saya juga memesan Gule Sapi. Ouhh, kuah gulenya benar-benar menggoyang lidah. Sulit menemukan kata yang tepat untuk melukiskan kenikmatan rasanya. Ini harus kudu dicoba.
Kuliner Nusantara Indonesia
Gule Sapi
Sebagai orang Indonesia, rasanya gak nendang kalau tidak makan nasi, sehingga saya memesan nasi timbel untuk melengkapi makan siang saya.
Nasi yang dibungkus menggunakan daun

nasi timbel kebanggan kuliner nusantara
Nasi Timbel
Selesai makan, saya mau membayar di kasir. Dan tempat makan ini memang hebat, karena mau bayar pun antri hehehe.
antri membayar kuliner sate maranggi Hj. Yetty
Bayar Pun Antri
Setelah selesai bayar,  saya berjalan-jalan dulu mengelilingi tempat makan ini. Saya melihat dapurnya luas sekali. Terlihat ratusan buah kelapa dan ratusan tusuk sate sudah siap dibakar.
sate adalah kuliner nusantara Indonesia
Sate Siap Dibakar

dapur yang sangat luas untuk menyiapkah hidangan kuliner nusantara purwakarta
Dapur Untuk Membakar Sate
Selain sate juga ada ikan yang siap dibakar. Kali ini saya belum kesampaian untuk menikmati ikan, mungkin lain kali sewaktu saya mampir lagi hehehe.
sensasi kuliner ikan bakar di Purwakarta
Ikan Siap Dibakar

di dapur inilah awal dari segala hidangan kuliner
Dapur Yang Sangat Luas
Pekerja dapurnya banyak sekali, dan tempat untuk membakar sate dan ikan juga sangat banyak. Sehingga dibutuhkan arang dalam jumlah besar. Terlihat arang dan stok arang (dalam bungkusan karung) sudah siap.
hidangan kuliner bakar di Purwakarta
Arang Adalah Senjata Utama Disini
Resto ini juga dengan jelas menyatakan tidak membuka cabang dimanapun.
sate maranggi hj. yetty tidak membuka cabang dimanapun
Tidak Membuka Cabang Dimanapun

Kawan Kuliner sangat merekomendasikan untuk mencoba makanan disini terutama Sate Maranggi, Gule Sapi, dan Es Kelapa.

Warung Makan Sate Maranggi Cibungur
Jl. Raya Cibungur
Purwakarta – Jawa Barat
Telp.: (0264) - 351077

Di Poskan oleh : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar